Your IP is....




Most of my post in this blog are reposting, so please...
Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool
Do not copy again...

Friday, June 27, 2014

AKUNTANSI ABAD 21 : BEBERAPA ISU GLOBAL

AKUNTANSI ABAD 21 : BEBERAPA ISU GLOBAL
Asumsi akuntansi dipandang tidak hanya sebagai warisan social yang tak tergantung sejarah Negara tertentu. Meningkatnya harmonisasi EC dan peningkatan peran standar lebih seragam dari IASC menimbulkan perkembangan consensus kesesuaian sistem orientasi pasar barat yang menekankan perlindungan investor dan maksimisasi profit.
1. PEMBANGUNAN DI BEKAS UNI SOVIET DAN NEGARA EROPA TIMUR
Faktor utama yang mempengaruhi pengembangan standard an praktek akuntansi di bekas USSR :
a. Sejarah perekonomian USSR bergerak menuju komunisme
b. Negara berperan sebagai pengatur, pemilik dan pengguna informasi
c. Sifat dan kecepatan perubahan politik dan ekonomi sejak 1985
d. Peran professional dan komunitas akademik
e. Pengaruh luar negeri melalui PMA
Sebelum reformasi Gorbachev, bekas USSR menganut perencanaan ekonomi terpusat sejak Stalin. Akuntansi di desain untuk menyediakan informasi statistic bagi tinkat pemerintahan yang berbeda, pengembangan berasal dari menteri keuangan pemerintahan pusat. Fungsi utama akuntan mengendalikan dan mengukur aturan-aturan.
Perbedaan akuntansi perencanaan ekonomi terpusat dengan pasar barat :
a. USSR memakai cash basis , beban diakui saat dibayar, laba dipengaruhi prinsip akuntansi dasar biaya produksi dan sistem pembagian laba.
b. Pengenalan USSR dalam ekonomi dunia melalui joint venture dan peningkatan invetasi luar negeri sangat diperlukan untuk kesesuaian USSR dengan praktek akuntansi internasional.
Negara-negara Eropa Timur melakukan transformasi dari ekonomi terpimpin ke pasar. Masalah yang timbul sistem akuntansi yang digunakan bekas Negara perencanaan terpusat berbeda dengan Negara berorientasi pasar, kesimpulannya akuntansi dalam konteks perencanaan terpusat dianggap sebagai fungsi record – keeping bukan orientasi pengambilan keputusan atau efisiensi perusahaan sebagai alat kontrol. Perbedaan akuntansi Barat dan Timur dapat dipahami dalam hal :
a. Operasi sistem pencatatan ganda
b. Penggunaan prinsip-prinsip akuntansi Barat/ Timur dengan penyesuian periodik untuk tujuan pelaporan
c. Penyesuaian prinsi akuntansi Timur / Barat

2. ISU-ISU AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN
 A. Akuntansi Joint Venture Internasional
Dalam konteks Joint Venture apakah perbedaan akuntansi dapat dijelaskan denag pertimbangan budaya dan faktor lingkungan lain? Akuntansi joint venture dikembangkan dengan ide utama pemilikan ekuitas namun bagaimana dengan strategi aliansi?
B. Perbandingan Akuntansi Pemerintah / Sektor Publik
Trend pertumbuhan mengarah ke swastanisasi di banyak Negara menyediakan lahan penelitian dan dampak perubahan akuntansi serta SPM yang digunakan dalam proses swastanisasi sktor publik.
C. Perbandingan Pengembangan Pasar Modal Internasional
Maraknya Negara berkembanng berusaha meningkatkan pertumbuhan pasar modal yang mampu secara internasional memunculkan masalah seputar pengembangan dan perlindungan bagi investor.
D. Koordinasi Global Peraturan Pasar Modal
Isu utama perkembangan integrasi pasar uang internasional menyangkut apakah standar akuntansi internasional akan menyingkirkan standar lokal dalam kasus MNEs yang listing di luar negeri ? 
E. Analisis Laporan Keuangan Internasional
Sejauh mana perbedaan akuntansi internasional berdampak pada pengukuran pendapatan, laba, likuiditas, solvabilitas, dan penafsiran perbedaan oleh anallis dan investor luar negeri ?
F. Pasar Uang Internasional dan Pengungkapan Internasional
MNEs sukarela mengungkapkan informasi agar membantu meningkatkan modal murah, meningkatkan kapasitas untuk merger dan aktivitas investasi. Jika MNE mengungkapkan informasi sukarela melebihi yang dibutuhkan?
G. Perbandingan Laporan Keuangan Internasional
Isu pengungkapan berhubungan kegunaan social dan lingkungan yang berhubungan dengan informasi, kelayakan dan biaya prospek informasi akan datang, sensitivitas, R & D informasi dari segi keuntungan kompetitif dan laporan keuangan yang relevan.
H. Proteksi Lingkungan Internasional dan Pengungkapan Informasi
Masalah berhubungan pengungkapan program, kebijakan MNE lingkungan perusahaan, ukuran yang digunakan, dan cost lingkungan financial.
I. Perbandingan Proses Standar – Setting Akuntansi
Proses standar-setting bervariasi dari Negara-negara yang murni mengikuti kebijaksanaan pemerintah sampai yang professional meski kebanyakan kombinasi keduanya. Sejauh mana peran organisasi profesi ?
J. Harmonisasi Akuntansi Internasional
Bagaimana mengkoordinasi tekanan internasional, akuntansi budaya lokal ?
K. Klasifikasi Sistem Akuntansi Internasional
Berkaitan dengan tekanan domestic dan internasional dalam praktek pelaporan keuangan serta dampak budaya dan tradisi akuntansi suatu Negara.

3. ISU-ISU PAJAK, AKUNTANSI MANAJEMEN DAN AUDITING
A. Perbandingan Pajak Internasional
Isu berkaitan tingkat perbedaan pajak berpengaruh pada pertumbuhan regional dan global, jika dibandingkan antarnegara untuk menarik investasi? 

B. Akuntansi dan Auditing Internasional
Perihal merger denag KAP asing, apakah independensi akuntan tidak terancam komersialisasi, pembentukan standar akuntansi global?

C. Perbandingan Pendidikan Akuntansi Internasional
Haruskah : lulusan PT, standar pendidikan minimal secara internasional, pelatihan umum dan khusus? Bagaimana perbedaan pendidikan dari Negara ?
D. Sistem Pengendalian Internasional
Criteria evaluasi kinerja yang sesuai untuk seluruh koordinasi bisnis.
  
E. Teknologi Informasi dan Komunikasi Internasional
Informasi apa yang dibutuhkan untuk SPM dan analisis strategi?

F. Akuntansi untuk Jasa Multinasional
Perdebatan tentang asset intangible, kapan dan pendekatan digunakan?

DAFTAR PUSTAKA
Eko Suwardi. 2000. Akuntansi Internasional, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment